4 Jan 2009

Rumah Idaman

Barang kali sebagian dari lo yang baca tulisan gue ini belum mengalami perasaan seperti ini.

Perasaan gue saat ini pengen banget punya rumah sendiri, meskipun keridit. Rasanya sangat menderita, tapi tetep menyenangkan. Gue harap lo suatu hari bakalan ngalamin persaan kayak gini, ough... so.. ough...

Kemaren setengah hari gue udah muter-muter keliling perumhan disekitar domisili gue, kurang lebih ada lima perumahan yang udah gue satronin (gue serius lho...). Tentu aja gue menunggangi si merah untuk mengarungi jalan-jalan di bekasi yang sangat liar...

oke sekarang gue masuk ke liputan rumah yang berhasil gue arungi..

target 1 : perumahan Candrabaga

Permahanya bagus, jalan di perumahan terlihat tarawat dan cukup besar untuk di lewatin truk gandeng. Rumah-rumah yang ada juga terlihat kokoh dan kekar kayak rambo... harganya belum sempat gue tanya, karna saat itu pulsa gue lagi cekak, kantong gue kempes dan mata gue jereng (hehehe.. kagak ada hubunganya yak...!). Maksudnya pas ada rumah yang mo di jua gue gak bisa nelpon ke orangnya langsung. Kelemahan perumahan ini cuma letaknya aja yang kelewat jauh dari peradaban manusia, butuh wak tu 5 jam jalan kaki untuk ke tol ekasi timur. Kalo gak percaya coba aja sendiri, tapi temen gue dari accounting dept. ada yang tinggal deket sini lho...

target 2 : Perumahan Taman Kebalen

Letaknya ada di daerah yang namanya sangat aneh, yakni babelan (mampus gak tau kan lo...). Bangunanya sih standar, tapi harganya agak miring bro. Semiring bangunanya yang udah mo rubuh, karna dibangun dengan batako berkualitas rendah dan dengan campuran semen yang cuman se sendok. Selain jalan yang lebar dan harga yang murah, gak ada lagi yang bisa dibanggakan dari perumahan ini.

target 3 : Taman Alamanda

Rumahnya murah-murah banget, cocok buat gue yang berpengahasilan mepet. Banyak bangunan yang udah mau rubuh karna struktur bangunannya yang tidak standar dan bahan bangunan yang berkualitas rendah. Cuman harga murahnya yang bisa di banggakan (kalo gue ambil rumah ini chayang tembem pasti bakalan kecewa...). Di tambah lagi banjir yang parah di perumahan ini.

target 4 : Perumahan Alamanda Regency

Nama perumahan ini emang mirip ama target gue yang ke 3, tapi ini perumahan yang berbeda lokasi yang berbeda dan dengan pengembang yang sama. Di tengah-tengah perumahan ini ada danau-nya cuy...!! mungkin di tujukan sebagai fasilitas umum para penghuni disana untuk sekedar bercengkerama sore-sore. Selain itu gak ada lagi hal yang bisa dibanggakan di perumahan ini, bangunannya udah pada mau rubuh cuy. Gue gak mau seandainya nanti gue punya istri dan anak nanti kuatir tinggal didalem rumah darna takut ke timpa bangunan...

target 5 : Mustika Karang Satria

Rumah tipe besar ada di jalan utama di bagian depan perumahan dan rumah ber-tipe lebih kecil ada di bagian belakang perumahan. Suasana yang gue tangkep pas kesana tuh rasa kurang aman, di tambah lagi banyaknya rumah yang mau di jual dan hampir nggak ada penjaga keamanan alias hansip yang bertugas disana. Got nya kecil-kecil banget dan nggak ngalir, gue rasa sanagat berpotensi banjir disana.

target 6 : Perumahan Bunga Karang

Ini sebenernya perumahan idaman gue, lokasinya bersih tenang dan terlihat sangat terawat. Bangunanya pun terlihat lebih kokoh dan nggak asal-asalan. Tapi itu semua harus diabayar dengan harga tinggi setinggi langit ke tujuh (sial...).

target 7 : Vila Mutiara Gading 2

Rumahnya gue anggap cukup kuat. Harganya pun masih reasonable, masih bisa gue jangkau lah pokoknya. kelemahannya cuman letak rumah yang gue taksir berada deket denga menara SUTET. Gue gak mau kalo anak gue nanti kesetrum di menara SUTET gara-gara ngambil layangan yang nyangkut. Meskipun demikian, menara itu bisa di gunakan sebagai pengganti tiang jemuran..!! lumayankan gue gak perlu repot-repot bikin tiang jemuran.

Oke guys sampe sini dulu review gue tentang perburuan rumah idaman..

wish me luck...

2 komentar:

mas bunder mengatakan...

Mas F...hehe..gw pake inisial aja ya..

sory gw baru bs kasih comment skrg..pdhl gw udah sering baca postingan2 lu sbelum ini..krn gw lg blajar bikin blog jg..bukan apa2..krn gw ngerasa gw nggak kompeten utk kasih comment postingan lu yg sebelumnya..
nah kalo nyari rumah, at least gw punya experience, mudah2an berguna. Menurut gw, pertimbangan2 cari rumah:
1. Lokasi..lokasi..dan lokasi
Kata org2 yg ahli properti, lokasi adalah yang utama, karena scr geografis itu nggak mungkin berubah, lu punya rumah ukuran 6x6 tp lokasinya di deket Kemang pasti harganya jauh lebih mahal dibanding punya 1 hektar tp di pojokan karawang. Kalo lu pingin invest, carilah yg lokasinya dekat dgn kawasan yg udah rame, karena harganya pasti selalu naik terus, just in case kalo pingin di jual lagi nggak bakal rugi.Tp emang biasanya harganya agak mahal, tp worthed kok.
Syukur2 perumahan itu deket jalan gede, jadi akses kemana2 gampang.Kalo mesti berjam2 buat nyampe ke jalan gede mah, bakalan nggak nyaman kalo mo kemana-mana.Oh, iya kalo bisa cari yang nggak rawan macet.
2. Bukan KARABA..alias kawasan rawan banjir
Selain lu bakal sengsara tiap tahun kalo pas musim hujan, harga rumah di karaba, biasanya jatuh. Gimana cara ngeliatnya? Plg gampang nanya ama org yg tau daerah itu, bisa saja org yg udah tinggal disitu sebelumnya, or liat kawasan sekitarnya, dekat ama sungai nggak. Kecenderungannya kalo dia deket sungai,potensi banjirnya juga ada. trus liat infrastruktur pengairannya, lu udah bener dgn ngliat gotnya, biasanya perumahan yg nggak banjir, gotnya lancar and saluran irigasinya bagus, gede2.
3. Liat kualitas infrastrukturnya
Pengembang yg bonafid, biasanya menyiapkan infrastruktur perumahannya dengan matang. Yg gw sering liat adalah infrastruktur AIR dan jalan. Kalo dua jenis infrastruktur ini bagus, biasanya pengembangnya niat bikin perumahan. Setidaknya kalo AIR, dia udah koneksi dgn jaringan PDAM, atau kalo yg matang bgt, biasanya udah punya fasilitas WTP (Water Treatment Plant). Yg jelas kalo airnya susah, hidup bakalan nggak nyaman deh, meski rumah segede istana. Setelah itu liat infrastruktur jalannya. Yang paling bagus adalah perumahan yang jalannya HOTMIX kelas jalan raya atau minimal pake paving. Kalo jalannya cman pake aspal kelas tong, pastinya nggak kuat, and dijamin kalo pas musim hujan pada bolong2.
4. Kualitas bangunan
Kualitas bangunan ini mencakup design bentuk rumahnya dan material yg dipake. Sekarang sih trendnya masih di minimalis, tp ada jg yg model europe style. Itu sih tergantung selera lu. Lah yang lebih penting adalah material yang dipake. Biasanya yg pake batu bata merah lebih kuat dibanding batako, tp nggak semuanya jg sih. kadang2 kalo masang batakonya bener (tengahnya juga diisi campuran semen & pasir), kuat juga.
5. Keamanan
Di perumahan mewah biasanya sistem keamanannya menggunakan sistem cluster, dimana hanya ada satu pintu masuk dan keluar yang dijaga security selama 24jam. Ini yg plg bagus. Tp kalo utk perumahan sedang, kalo bisa cari daerah yg jarang terjadi kejahatan. Cari info ke penghuni yang sudah ada, sering nggak terjadi pencurian misalnya. Kalo sering, mending jangan beli di situ, krn nasib sial siapa yang tahu? Ato kalo nggak, yg ada sistem keamanan terpadu, deket ama pos satpam atau bahkan pos polisi. Jadi sewaktu2 kalo ada apa2 gampang minta bantuan.
6. Kualitas pengembang
Kalo dari 1 ~5 udah semua, baru deh liat reputasi pengembangnya. Kadang2 ada pengembang yg nakal, setelah beberapa tahun dia bikin perumahan, dia lari nggak bertanggungjawab ke pembeli, sehingga kalo kita mau urus apa2 jadi susah. Kalo bisa cari pengembang dengan reputasi yg sudah dikenal.Caranya gampang kok. Bebrapa yg sudah punya nama macam Lippo, Ciputra, Sinarmas ,JABABEKA bisa jadi pegangan. Ato kalo nggak cari yang dia udah biasa bikin banyak perumahan, macam Grup ISPI, yg bikin Villa Mutiara Group.

Nah, itu kira2 yg gw bisa kasih saran buat pertimbangan cari rumah. Ttp semangat ya!! Emang kalo nggak dipaksain emang nggak bakalan punya rumah koq. Jadi keep fighting...
Semoga sukses Bro!!

BuburAyam mengatakan...

thanks bro komen-nya...
gue akan coba semua point yang lo tulis....